Sejarah Line Dance & Manfaatnya

Sejarah Line Dance & Manfaatnya

Image result for Sejarah Line Dance & Manfaatnya

Anda bosan dengan kegiatan olahraga yang biasa dilakukan di gym? Well, Anda memiliki banyak alternatif olahraga lain yang tak kalah menyenangkan. Salah satunya adalah olahraga sembari menari yang tak hanya seru namun terbukti efektif membawa dampak positif pada tubuh Anda.

Jika sebelumnya Anda pernah mencoba salsa atau rumba, alternatif lainnya adalah Line Dance. Meskipun tergolong baru di Indonesia, namun Line Dance memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh Anda. Nah, apakah Anda tertarik dengan Line dance? Sebelum memulainya, mari kita ketahui sejarah dan manfaat dari Line Dance berikut ini:

Sejarah Line Dance

Line Dance merupakan salah satu jenis olahraga yang  mengusung sentuhan gerakan tari. Dikenal pertama kali di Amerika Serikat sejak tahun 1800-an, biasanya Line Dance diiringi dengan sentuhan musik country. Di era modern seperti sekarang, Line Dance telah mendapatkan banyak sentuhan baru seperti iringan berbagai jenis musik bahkan kerap dipadukan dengan koreografi tarian salsa.

Di Indonesia, Line Dance mulai populer sejak tahun 2008 lalu.  Melalui The Universal Line Dance, tarian olahraga ini kerap dipadukan dengan iringan musik tradisional berbagai daerah. Pada awalnya, Line Dance pun hanya diminati oleh orang-orang berusia lanjut, namun kini turut disukai oleh generasi muda, dibuktikan oleh banyaknya ketersediaan Line Dance di banyak kelas-kelas gym.

Manfaat Line Dance

Selain efektif untuk membakar lemak tubuh, Line Dance juga memiliki sederet manfaat lain yang akan dirasakan langsung oleh Anda jika rutin melakukannya. Berikut ini terdapat berbagai manfaat dari Line Dance untuk Anda:

  • Melancarkan Kekuatan Motorik

Image result for Melancarkan Kekuatan Motorik gym

Dengan bertambahnya usia, sensor motorik dari seseorang akan menurun. Melalui Line Dance, Anda bisa menghambat pengurangan fungsi motorik yang berkaitan erat dengan gerakan refleks, gerakan motorik halus seperti daya tangkap ataupun daya motorik kasar yang berhubungan dengan kinerja otak dan gerak tubuh.

  • Mempertajam Daya Ingat

Image result for Mempertajam Daya Ingat

Untuk Anda yang rutin melakukan Line Dance, tentunya Anda akan diajak untuk mengingat dan mengulang gerakan tertentu. Secara otomatis, aktivitas ini akan mempertajam daya ingat Anda sehingga bisa memperlambat Anda terkena pikun atau penyakit Alzheimer.

  • Meningkatkan Daya Konsentrasi

Related image

Untuk melakukan gerakan Line Dance, diperlukan konsentrasi yang kuat supaya Anda bisa mengikuti irama gerakan. Dengan mengikuti kelas Line Dance secara rutin, Anda bisa meningkatkan daya konsentrasi pada otak. Hasilnya, Anda pun akan lebih berkonsentrasi saat berkegiatan dalam sehari-hari.

  • Meningkatkan Interaksi Sosial

Image result for Meningkatkan Interaksi Sosial gym

Umumnya, Line Dance dilakukan bersama-sama dalam sebuah grup. Untuk Anda yang bergabung dengan kelas Line Dance, Anda bisa meningkatkan aktivitas sosial yang tentunya memberikan banyak sekali manfaat. Selain membuat Anda lebih percaya diri, stres pada diri Anda akan berkurang, serta bisa menumbuhkan rasa kebersamaan dalam tim.

  • Optimal Dalam Membakar Kalori

Related image

Perlu Anda ketahui, Line Dance bukanlah sekadar tarian biasa. Line Dance termasuk dalam jenis olahraga yang tentunya mampu membakar kalori dalam tubuh Anda dalam setiap sesi latihan. Contohnya jika Anda mengikuti kelas Line Dance dalam durasi 1,5 jam, di mana setidaknya terdapat 450 kalori yang terbakar dalam tubuh.

  • Kurangi Resiko Osteoporosis

Related image

Manfaat lain dari Line Dance adalah merangsang kerja tulang. Gerakan Line Dance bisa memperkuat kinerja tulang terlebih pada bagian lutut dan kaki sehingga meminimalisir resiko terkena penyakit osteoporosis. Terlebih jika kelas Line Dance yang Anda ikuti memiliki tingkat kesulitan, maka tulang pun akan lebih kuat mengikuti tingkat kesulitan tersebut.

  • Tingkatkan Ketahanan Otot Jantung

Image result for Tingkatkan Ketahanan Otot JantungManfaat terakhir, Line Dance bisa meningkatkan ketahanan otot jantung dan koordinasi dari seluruh tubuh Anda. Line Dance yang termasuk dalam aktivitas low impact ini akan mengajak Anda mengikuti irama tarian untuk menggerakkan otot tengah yang hasilnya bisa tingkatkan fleksibilitas pada tubuh.

Untuk Anda yang ingin meningkatkan kesihatan dan ketahanan otot jantung dengan kelas line dance di Indonesia ataupun manfaat lainnya, Anda bisa mengikuti kelas Line Dance di Fitness First. Melalui kelas yang sangat fun dan dilatih oleh instruktur berpengalaman, Anda bisa melakukan Line Dance secara rutin untuk merasakan banyak manfaatnya. So, segera bergabung sekarang juga!